You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GLAGAH
Kalurahan GLAGAH

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Glagah Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

MERTI DESA KALURAHAN GLAGAH

Admin Glagah 12 September 2022 Dibaca 1.008 Kali
MERTI DESA KALURAHAN GLAGAH

Merti Deso Kalurahan Glagah

 

Sabtu, 10 September 2022

Merti Desa merupakan tradisi yang dimaknai oleh masyarakat sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan karena hasil panen yang melimpah. Pelaksanaan Merti Desa merupakan wujud eksistensi tradisi pada masyarakat agraris yang berfungsi untuk menumbuhkan sikap gotong royong dan kepedulian masyarakat. 

Kirab Gunungan dari 9 Padukuhan beserta Kesenian masing-masing yang ditampilkan dari masing-masing Padukuhan begitu unik dan kreatif. Start dari Masjid Baitul Munir Padukuhan Glagah yang diawali oleh Bregodo Gadung Mlathi dan diikuti Kontingen dari 9 Padukuhan dengan kreatifitas masing-masing Padukuhan. Finish di Halaman Kalurahan Glagah dilanjutkan dengan rebutan gunungan oleh warga Masyarakat Glagah. 

Malam hari pembagian hadiah lomba oleh Karang Taruna Glagah dan dilanjutkan Pagelaran Wayang Kulit oleh Ki Rubiyanto dengan Lakon "Wahyu Mustikaning Warih" yang berlangsung semalam suntuk. Meskipun kondisi hujan tetapi kegiatan berlangsung dengan lancar.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image