You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GLAGAH
Kalurahan GLAGAH

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Glagah Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

UPACARA SIRAMAN GONGSO

Admin Glagah 20 November 2023 Dibaca 286 Kali
UPACARA SIRAMAN GONGSO

UPACARA ADAT SIRAMAN GONGSO "DUSGONGSO"

Siraman Gongso Tahun 2023

Pada hari Kamis, 16 November 2023 telah dilaksanakan Upacara Adat Siraman Gongso di Taman Nambangan Kalurahan Glagah. Acara tersebut mengundang Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Kepala Paniradya Pati, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Kepala Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Panewu Temon, Danramil Temon, Kapolsek Temon, BPKal, dan Tokoh Masyarakat Kalurahan Glagah.

Siraman Gongso diawali dengan kirab Bergodo dengan mengarak Gong dari rumah budaya di Padukuhan Sangkretan menuju Taman Nambangan yang terletak di sebelah selatan Pintu Masuk/ TPR Pantai Glagah. Sampai di Taman Nambangan Gong diturunkan dan diletakkan di tempat dilakukannya Upacara Penyiraman Gong dengan air yang sudah disediakan. Air tersebut merupakan air dari 7 sumber mata air yang dijadikan satu ke dalam Genthong lalu diberi Bunga tujuh rupa dan dan disiramkan menggunakan Siwur oleh 7 orang perwakilan. 

Setelah selesai upacara adat Siraman Gongso dilanjutkan acara Jejaranan atau Jathilan dari Grup Jathilan Turonggo Mudho dari Kalurahan Glagah sebagai Penutup Acara. 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image