You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan GLAGAH
Kalurahan GLAGAH

Kap. Temon, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Glagah Kapanewon Temon Kabupaten Kulon Progo

LABUHAN PURA PAKUALAMAN

Admin Glagah 08 Agustus 2023 Dibaca 676 Kali
LABUHAN PURA PAKUALAMAN

LABUHAN PURA PAKUALAMAN

oleh: KKN-PPM UGM Teman Temon (Sani Akbar)

Labuhan Pura Pakualaman merupakan acara tahunan yang diadakan tiap tahun oleh Pura Pakualaman di wilayah Kalurahan Glagah. Biasanya, acara adat ini diadakan tiap tanggal 10 Sura dalam penanggalan Jawa. Upacara adat ini berupa kirab gunungan yang bertolak dari Pesanggrahan Pakualaman Glagah sampai pelarungan gunungan di Pantai Glagah.

Upacara labuhan biasanya dimulai dari pembukaan di bangunan Pesanggrahan Pakualaman pada sekitar pukul 09.00 WIB, yang mana dibuka dengan sambutan dari pihak Pura Pakualaman dan doa. Lokasi dipadati oleh kelompok prajurit Pakualaman dan rombongan masyarakat, baik yang jauh-jauh dari pemukiman sekitar Pakualaman di Kota Yogyakarta, maupun dari Kalurahan Glagah sendiri. Tentunya, bintang utama dalam upacara labuhan ini adalah beberapa gunungan yang terbuat dari padi, hasil bumi, dan kain-kain pakaian. Selain itu, ada pula beberapa nasi tumpeng dan beberapa sisir pisang.

Setelah pelepasan dari Pesanggrahan Pakualaman, gunungan-gunungan yang ada dikirab ke Pantai Glagah, diikuti oleh banyak orang. Jarak kirab yang ditempuh sendiri sekitar tiga kilometer. Dengan meriahnya kirab gunungan ini, pastinya menarik perhatian yang besar dari masyarakat sekitar.

Sesampainya di Pantai Glagah, gunungan tidak langsung dilarung. Sebelum ditenggelamkan ke lautan, ada beberapa orang yang memanjatkan puja terlebih dahulu di pinggir pantai. Setelah itu, gunungan-gunungan yang telah dipersiapkan dilarung ke lautan oleh petugas-petugas khusus, supaya gunungan dapat tenggelam. Gunungan padi dan hasil bumi sendiri juga direbut, begitu pula nasi-nasi tumpeng dan beberapa sisir pisang.

Labuhan Pura Pakualaman dilakukan untuk tetap melestarikan tradisi yang telah berakar sejak masa lampau. Selain itu, upacara adat ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan keselamatan kepada Tuhan bagi masyarakat dan Pura Pakualaman.

REFERENSI

Pertana, Pradito Rida. (2019). Puro Pakualaman Gelar Upacara Hajad Dalem Labuhan di Pantai Glagah. Diakses pada 2  Agustus 2023, di https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4700355/puro-pakualaman-gelar-upacara-hajad-dalem-labuhan-di-pantai-glagah 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image